Tugas akhir semester 3 Linguistik umum
Soal/Jawab!
1.
Berikan
contoh analisis tradisional dalam bahasa Jepang!
Jawab :

Contohnya,
kalimat : 父は新しいテレビを買った。
Kalimat diatas dapat digolongkan
sebagai kalimat pernyataan. Dan terdiri dari Subjek (S), Predikat (P), dan
Objek (O).
父は 新しいテレビを 買った。
S O P
父は : sebagai subjek
新しいテレビを : sebagai objek
買った : sebagai predikat
2.
Berikan
contoh analisis struktural (IC Analysis) dalam bahasa Jepang!
Jawab :

Analisis strukturalnya
adalah :
父 は
新しい テレビ
3.
Berikan
contoh analisis transformasional dalam bahasa Jepang!
Jawab :

NP1 Po Adj N Po V
Maka
sesuai dengan rumus transformasi Chomsky,
Kalimat
1 ® menjadi kalimat
pasif
Rumus
Kalimat 1 diatas adalah : NP1 + Po + Adj
+ N + Po + V
NP2
Menjadi
Kalimat 2 ® Kalimat pasif
Dengan
rumus : NP2 (Adj + N)
+ Po + NP1 + Po + V-Aux
Kalimatnya menjadi :新しいテレビは父に 買われた。
(Televisi
baru yang dibeli Ayah)
4.
Berikan
contoh analisis generatif dalam bahasa Jepang!
Jawab :


1. Subjek : 父は
2.
Objek : 新しいテレビを
3. Verb : 買った。

1. N ®父, テレビ
2. V®買 (う)
3. Aux®た
4. A®新しい
5. Po® は, を

父 は 新しい テレビ を 買っ た
Soal/Jawab!
1.
Sebutkan
empat bidang yang tidak termasuk studi linguistik!
Jawab
:




2.
Jelaskan perbedaan antara Filologi, Kesasteraan, dan
Linguistik!
Jawab
:

3.
Siapakah
polyglot, linguis, wartawan, orator, sastrawan, dan kritikus sastra?
Jawab
:






4.
Sebutkan
syarat-syarat ilmu (sains). Apakah linguistik memenuhi persyaratan ini?
Jelaskan!
Jawab
:



Linguistik
memenuhi persyaratan sebagai ilmu karena dalam linguistik mempelajari
pengumpulan aturan atau penarikan kesimpulan yang haruslah berasal dari
premis-premis yang benar yang tadinya merupakan generalisasi dari tata bahasa
yang telah diuji secara empiris supaya tata bahasa tersebut menjadi eksplisit.
Selain itu, dalam linguistik harus mempelajari suatu bahasa dengan menyelidiki
sistem/aturan dari penggunaan bahasa. Linguistic sebagai ilmu juga merupakan
ilmu yang objektif, bagaimana wujud enyataan struktur, pembagian bagian-bagian
dan aturan-aturan bahasa yang diselidiki.
5.
Sebutkan
tiga tugas atau fungsi ilmu pengetahuan. Apakah linguistik memenuhi ketiga
tugas ini? Jelaskan!
Jawab
:



Para linguis yang menekuni
bahasa mempunyai tujuan bukan hanya melukiskan (deskripsi) gejala-gejala
struktur dan pembagian bahasa, tapi juga harus menerangkan (eksplanasi) semua
itu.
Tugas menduga-duga
(prediksi) tentunya setelah gejala-gejala yang ada diamati dengan seksama dan
disimpulkan. Kesimpulan ini, lalu dijadikan titik tempat para linguis
menghentakkan kaki untuk meloncat dalam menduga-duga dan meramal, atau
berhipotesa lain (pengembangan). Suatu hipotesa setelah diuji kebenarannya
menjadi satu teori (tesa). Tesa ini dijadikan landasan untuk menyusun hipotesa
berikutnya. Inilah sifat daur ulang (recycling) dalam ilmu pengetahuan,
termasuk linguistik.
Seorang ahli linguis harus
mampu mengontrol dan mengendalikan kondisi kebahasaan supaya bisa mencapai
hal-hal yang diharapkan dan menjauhi yang dihindarkan. Karena tiga alasan
inilah, linguistik memenuhi ketiga tugas dan fungsi ilmu pengetahuan.
6.
Siapakah
tokoh-tokoh ini : (a) Saussure ; (b) Bloomfield ; (c) Sapir ; (d) Whorf ; (e)
Fries ; dan (f) Chomsky!
Jawab
:






7.
Jelaskan
perbedaan antara : (a) langage-langue-parole, (b) tautan
sintagmatik-paradigmatik, (c) enkoding-dekoding!
Jawab
:

Langue
adalah totalita dari kumpulan fakta suatu bahasa. Langue ada di benak orang,
bukan hanya abstraksi-abstraksi saja.
Parole
adalah ujaran seseorang, yaitu apa yang diucapkan dan apa yang didengaar oleh
pihak penanggap ujaran. Parole sifatnya pribadi, dinamis, lincah, sosial,
terjadi pada waktu, tempat, dan suasana tertentu.

Tautan
paradigmatik adalah setiap anggota kesatuan jenis kata ada tautannya dengan
anggota lainnya dari kesatuan yang sama, artinya setiap anggota kesatuan
menempati posisi pada kalimat di atas.

8.
Terangkan
langkah-langkah proses enkoding dan dekoding!
Jawab
:

(2)
Yang ingin diujarkan itu lalu dirumuskan dalam satu kerangka gagasan (semantic encoding).
(3)
Lalu gagasan utuh disusun dalam bentuk kalimat yang gramatik (grammatical encoding).
(4)
Setelah tersusun secara gramatik, lalu gagasan itu diucapkan (phonological encoding)
(5)
Maka terlahirlah ujaran-ujaran A, yaitu parole
atau performance.
(6)
Ujaran tadi terdengar oleh B. B mendapat stimulus fonologis (phonological decoding).
(7) apa yang didengar itu
lalu oleh B disesuaikan dengan aturan gramatik. Lalu B menafsirkan ujaran tadi (semantic decoding).
9.
Apakah
bedanya simbol dengan tanda. Berikan lima contoh!
Jawab
:


·
© menandakan ‘copyright’ (hak cipta)
·
® menandakan ‘registered’ (terdaftar)
·
™ menandakan ‘trademark’ (merek dagang)
·
¶ menandakan paragraph
·
× menandakan ‘multiplication’ (perkalian)
10. Terangkan ciri-ciri berikut
dari bahasa : (a) metalanguage, (b) duality feature, (c) homo loquens, (d)
arbitrary, dan (e) productivity.
Jawab
:





11.
Sebutkan
enam fungsi bahasa dan beri contoh!
Jawab
:

12. Jelaskan asal-usul, pemakaian, dan kelemahan
dari analisis kontrasitif!
Jawab
:

13. Jelaskan pula konsep analisis
kesalahan berbahasa!
Jawab
:

14. Apakah perbedaan antara fonetik
dan fonologi?
Jawab
:

15. Jelaskan istilah-istilah
berikut : (a) fonem, (b) fonetik, (c) alofon, (d) ciri pembeda (distinctive
features), (e) fonetik auditoris, (f) fonetik akustik, (g) fonetik artikulasi!
Jawab
:







16. Singkatan apakah IPA itu? Apa
manfaatnya?
Jawab
:

Manfaat penggunaan IPA,
pembelajar bahasa asing dapat mempelajari dengan lebih mudah sistem ejaan dari
bahasa tersebut yang jelas berbeda dengan pengucapannya (Cont. bahasa Inggris).
17. Apakah perbedaan antara broad
transcription, dan narrow transcription? Jelaskan pemakaiannya!
Jawab :
Broad transcription
atau phonemic transcription adalah
transkripsi yang menggunakan satu simbol untuk setiap fonem.

18. Bandingkan fonem-fonem Inggris
(atau bahasa asing lain) dan Indonesia. Carilah persamaan-persamaannya!
Jawab
:


Vokal
|
Bahasa Jepang
|
Bahasa Indonesia
|
/a/
|
[a]
|
[] atau [a]
|
/i/
|
[i]
|
[i]
|
/u/
|
[w] (bibir tidak bulat)
|
[u]
|
/e/
|
[e] (tidak ada bunyi [∂]
|
[ε] dan [∂]
|
/o/
|
[o]
|
[ο]
|

|
Bilabial
|
Labio dental
|
alveolar
|
Postal veolar
|
Palatal
|
Retroflex
|
uvular
|
Glottal
|
Nasal
|
m
|
|
n
|
л
|
|
ŋ
|
|
|
m
|
|
t
n
|
tл
|
|
t
ŋ
|
|
|
|
Plosive
|
p
b
|
|
t
d
|
|
-
-
|
k
g
|
n
|
?
|
p
b
|
|
t
d
|
|
c
j
|
k
g
|
-
|
?
|
|
Frivative
|
φ
|
- -
|
s
z
|
∫
з
|
ç
-
|
-
|
|
h
|
-
|
f
v
|
s
z
|
-
з
|
-
-
|
x
|
|
h
|
|
Affricates
|
|
|
ts dz
|
t∫ dз
|
|
|
|
|
|
|
-
-
|
|
|
|
|
|
|
Taf of plap
|
|
|
г
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Trill
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
г
|
|
|
|
|
|
|
Lateral
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
l
|
|
|
|
|
|
|
Semi-vocal
|
w
|
|
|
|
j
|
|
|
|
w
|
|
|
|
j
|
|
|
|
Cat: putih – bahasa Jepang
Merah
– bahasa Indonesia

19. Jelaskan istilah-istilah ini
hingga terasa bedanya : (a) grammar, (b) linguistik, (c) sintaktis, (d)
struktur, dan (e) morfologi!
Jawab
:





20.
Sebutkan
tiga jenis tautan sintaksis!
Jawab
:



21. Apakah yang dimaksud dengan konstruksi
endosentris dan ekosentris? Beri contoh dalam bahasa Inggris (atau bahasa lain)
dan bahasa Indonesia!
Jawab
:


Contoh dalam bahasa
Indonesia :
1. Sekolah
pertanian
2. Memukul
kucing
(1) Sekolah
pertanian adalah konstruksi yang terdiri dari perpaduan sekolah dan pertanian dan
kelas kata perpaduan ini (sekolah
pertanian) sama dengan kelas kata unsurnya, yaitu sekolah dan pertanian. Unsur
kelas katanya sama maka frase ini merupakan konstruksi endosentris.
(2)
Memukul kucing adalah komstruksi
perpaduan antara memukul dan kucing. Kelas dari memukul dan kucing tidak
sama dengan memukul kucing; maka
konstruksi memukul kucing adalah satu
konstruksi eksosentris
Contoh
dalam bahasa Inggris:
1. Dalam
bahasa Inggris konstruksi eksosentris
adalah seperti pada:
~
Frase preposisi : to London, from him
~
Kata sambung yang diikuti klausa : when I was young; because I like it.
2. Konstruksi
endosentris dalam bahasa Inggris terbagi dua, yaitu: subkoordinatif, dan koordinatif.
Pengelompokkan ini bergantung pada apakah konstruksi gabungan itu secara sintaksis
sebanding dengan satu kata atau lebih dari unsur-unsur konstruksi gabungan
tadi. Frase boys and girls adalah
koordinatif karena boys and girls ini
bisa diganti dengan boys atau girls.
Sedangkan, bila kita amati
frase lazy boys, frase ini tidak
sebanding dengan salah satu unsurnya.
22.Terangkan
asal-usul analisis unsur bawahan langsung (IC Analysis), dan bagaimana
aplikasinya!
Jawab
:

23.Apakah
perbedaan antara parsing dalam tata bahasa tradisional dengan IC Analysis dalam
tata bahasa struktural? Jelaskan dengan contoh!
Jawab
:

Contoh dalam tata bahasa
tradisional : 父は新しいテレビを買った。
Kalimat diatas dapat digolongkan sebagai
kalimat pernyataan. Dan terdiri dari Subjek (S), Predikat (P), dan Objek (O).
父は 新しいテレビを 買った。
S O P
父は : sebagai subjek
新しいテレビを : sebagai objek
買った : sebagai predikat
Sedangkan,
dengan IC analysis adalah :

Analisis strukturalnya
adalah :
父 は
新しい テレビ
24.Uraikan
transisi dari pendekatan struktural ke pendekatan transformasional!
Jawab
:

25.Bedakan
antara pendekatan behaviorisme dan mentalisme dalam mempelajari bahasa!
Jawab
:

26.Mengapa
teori Chomsky disebut : (a) generative, dan (b) transformasional?
Jawab
:


27. Jelaskan perbedaan antara : (a)
deep structure-surface structure, (b) competence-performance, (c) kernel
sentence-transformational sentence!
Jawab
:



28. Apakah hubungan antara innate
ability dengan tabula rasa?
Jawab
:

29.Apa
saja yang dimaksud dengan kategori gramatik?
Jawab
:

30.
Apakah
perbedaan time dan tenses? Terapkan perbedaan dalam bahasa Inggris (atau bahasa
asng lainnya) dengan bahasa Indonesia!
Jawab
:

Contoh dalam bahasa
Jepang:
~
Time
(waktu)
: 今 九時です。 (Sekarang pukul sembilan)
~
Tenses : 昨日マナドへ行きました。 (Saya
pergi ke Manado kemarin)
Kata kerjanya
dikonjugasikan menjadi bentuk ~ました untuk menerangkan
bahwa kegiatan itu terjadi kemarin (waktu lampau).
Contoh dalam bahasa
Indonesia:
~
Time
(waktu) : Saya bangun pukul tujuh pagi.
~
Tense : Kemarin, saya tidak pergi ke kampus.
Dalam bahasa Indonesia, tense hampir tidak ada. Bentuk kata
kerjanya tidak mengalami konjugasi, satu-satunya penanda waktu dalam kalimat di
atas adalah kemarin.
31. Buktikanlah bahwa tidak ada
future tense dalam bahasa Inggris!
Jawab
:





32.Apakah
Semantik itu? Mengapa dibandingkan dengan cabang linguistik lainnya Semantik
ini tertinggal?
Jawab
:

Semantik dibandingkam
dengan cabang linguistic lainnya teringgal karena dalam membicarakan makna
banyak sekali persoalan yang sulit dipecahkan.
33.Terangkan
Semantic Triangle dari Ogden dan Richards (1923)!
Jawab
:

Gagasan, makna (yang diberikan simbol kepada pendengar)
atau mental image (reference)
(1)
(2) objek, acuan
Nama,
simbol (referent)
(words)
Ketiga sudut segitiga ini menunjukkan pikiran (reference), kata-kata (simbol), dan objek acuan (referent) dalam suatu sistem mekanisme
semantik. Puncak segitiga itu adalah pikiran si pemakai simbol atau penutur.
Sudut kiri bawah adalah kata-kata simbol vokal; dan sebelah kanan adalah objek
acuan.
Antara pikiran dengan objek acuan, hubungannya timbale
balik. Penutur ketika mengujarkan suatu kata, menyebabkan penanggap tutur memikirkan
kata itu. Demikian pula si penutur, dengan pikirannya itu dia memakai simbol
untuk mengacu kepada objek yang sama.
Antara pikiran dengan objek acuan hubungannya searah,
dalam pengertian objek acuan itu memberikan stimulus kepada pemakai simbol atau
penutur dan menyebabkan ia memiliki pikiranatau mental image tentang hal itu. Tidak ada gerakan panah kepada objek
acuan karena pikiran tidak menyebabkan sesuatu itu berwujud. Segitiga ini
memberikan diagram mekanisme pamaknaan dalam menggunakan simbol-simbol vokal.
34.Terangkan
perbedaan makna denotasi dan konotasi!
Jawab
:


35.Apakah
perbedaan antara idiom dan peribahasa? Carilah sepuluh idiom dalam bahasa
Inggris (atau bahasa asing lain) dengan padanannya dalam bahasa Indonesia.
Bisakah idiom dan peribahasa itu diterjemahkan secara harafiah? Kalau demikian,
apakah terjemahan itu sebenarnya?
Jawab
:














Dimana bumi di
pijak, di situ langit dijunjung

Dua kepala lebih
baik daripada satu

Senyumnya bak
mawar merekah, dagunya bak lebah bergantung, dan suaranya merdu bagaikan buluh
perindu

Sedikit demi
sedikit, lama-lama menjadi bukit

Panjang umur

Lebih baik bunga
daripada kue)

Lumut tidak akan
tumbuh di batu berguling

Merah dicampur
putih akan menjadi merah
36.Transkripsi
kata-kata berikut dengan menggunakan simbol fonetik.
(pilih
salah satu)
foot,
check,
stage,
tough,
those,
gin,
booth,
join,
ship,
put,
thing,
mouse,
rise,
thought,
shut,
wealth,
nice,
ouch,
change,
inch.
Jawab
:


37. Transkripsi juga kata-kata ini
:
(pilih
salah satu)
doughnut,
elephant, language, location,
kangaroo,
houses,
cracked,
about,
philosophy, volume, complaint, pencil,
scratched,
action,
algebra,
examine,
technician, concentrate, mission,
English.
Jawab:


38. Gunakanlah akhiran berikut ini
untuk membetuk sepuluh kata jadian :
-fy,
-ty, -ize, -ive, -ion, -less.
Jawab
:






39.Buatlah
diagram untuk menggambarkan proses morfologis kata-kata berikut :
a.
Reconstruction
b.
Unaffordable
c.
Un-American
d.
Manliness
e.
Impersonal
f.
International
g.
Misunderstandable
h.
Irreplaceability
Jawab:

Re construct -ion

Un afford able

Un American

Manline ess

Im person nal

Inter nation al

Mis understand able

ty
Ir able
re place
40.
Uraikanlah
kalimat berikut dengan menggunakan tree diagram :
(pilih salah satu)
a.
They
ate at really fancy restaurant
b.
Most
dogs enjoy hamburger sauce
c.
John
has painted furniture
d.
The
major rigged the last election by stuffing the ballot boxes
e.
Careless
soldiers and politicians are dangerous
f.
Smoking
cigars can be a nuisance
g.
The
bomb blew up the police station
h.
Mary
snores
i.
Two
elephants noticed the mice
j.
Ed
knows you like cheese
Jawab :

Has past paint furniture
41.
Manakah
di antara yang dicetak miring berikut ini berfungsi sebagai unsur bawahan
langsung?
(pilih
salah satu)
a.
John ate the stale candy
b.
John ate the stale candy
c.
My little brother snores
d.
My little brother snores
e.
The
train slowly departed
Jawab :


Unsur bawahan langsungnya
adalah ate the stale candy. Unsur
bawahan langsung untuk ate the stale
candy adalah ate dan the stale candy.
42.Diskusikan
kedwiartian (ambigu) kalimat-kalimat ini. Tunjukkan ambigu yang bersifat
leksis, struktural, dan ambigu sebagai akibat dari unsur bawahan langsung yang
bisa dikategorikan lebih dari satu cara.
(pilih
salah satu)
a.
They
are baking apples
b.
John
sat on Jumbo’s trunk
c.
Marian
knows a Chinese art expert
d.
Eating
apples can be enjoyable
e.
She
told me to leave at five o’clock
f.
Could
this be the invisible man’s hair tonic?
g.
The
old matron fed her dog biscuit
h.
Every
citizen may vote
Jawab :

Kalimat ini berdwiarti :


Kalimat
ini berambigu bersifat struktural.
43.Jelaskan
hubungan antara “Edna” dan “please” dalam kalimat (a) dan (b) berikut ini!
a.
Edna
is eager to please
b.
Edna
is easy to please
Jawab :


44.Dalam
kalimat-kalimat berikut ini ada unsur yang dihilangkan. Carilah unsur itu.
(pilih salah satu)
a.
She
adopted forty-two cats simply because she wanted to
b.
John
likes Mary, Bill, and Sally
c.
Oaks
are taller than maples
d.
Discovering
the truth pleases the scientist
e.
Ladies
wearing high heels are not welcome on tennis
Jawab :

45.Buatlah
diagram kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan rumus-rumus Phrase Structure
dari tata bahasa transformasional.
(pilih salah satu)
a.
Yes,
I am a student
b.
Don’t
you like cheese?
c.
Walter
have been very sick
d.
He
could have been walking all day
e.
They
saw the picture
Jawab :

Ditranformasikan menurut
Chomsky, menjadi kalimat pasif dengan rumus :
Kalau kalimat 1 gramatik
dan mempunyai pola NP1 + Aux – V NP2, maka kalimat 2 dengan pola NP2 – Aux + Be
+ en – V – by + NP1 adalah kalimat graamatik pula.
Kalimat 1 They saw the picture, mempunyai pola:
NP1 : They, Aux – V : saw, dan
NP2 : the picture. Dapat diubah
menjadi :
NP2 : The picture, -Aux + Be + en – V – by : was seen by , dan NP1 : they (menjadi them), sehingga kalimatnya bukan lagi They saw the picture tapi telah ditransformasikan menjadi The picture was seen by them.
Ganbatte minna....!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar